Kumpulan Nasehat Al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib untuk Kita Semua



Pejarilah segala macam jenis ilmu pengetahuan. Jika kalian tidak mampu menghafalnya, maka tulislah ilmu yang kamu dapat itu dan letakkan di rumah kalian.


Beliau berkata, “Aku telah diberi racun beberapa kali, tetapi racun-racun itu tidak seperti yang kali ini.” Al-Husain, suadaranya, lalu bertanya padanya. “Siapa yang kamu duga, Saudaraku?” “Lalu untuk apa?” jawab Al-Hasan. “Kami akan membunuhnya.”


Al-Hasan berkata “Jika memang benar orang yang aku duga itu telah melakukan ini padaku, maka tentu Allah SWT akan lebih berbahaya baginya dan lebih keras siksanya. Jika salah, maka aku tidak ingin ada orang yang tak bersalah harus terbunuh karenaku.”  


Sebelum meninggal beliau berkata, “keluarkan ranjangku ke halaman rumah” dan beliu berdoa “Ya Allah SWT aku berniat mengalahkan nasfuku karena-Mua dan aku tidak cenderung untuk memenuhi keinginan nafsuku lagi”


Sumber : Kitab al-Thabaqat al-Kubra (Lawaqih al-Anwar fi Thabaqat al-Akhyar) karya 'Abdul Wahhab al-Sya'rani.